Soal Haji Ilegal, Ini Kata Menteri Agama

Aug 21, 2017

Soal Haji Ilegal, Ini Kata Menteri Agama

Eletours - Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama Republik Indonesia menganggap adanya warga Indonesia yang berangkat haji menggunakan kuota negara lain sebagai pelanggaran serius. Dia meminta aparat penegak hukum tegas terhadap penggunaan pasport dan visa haji dari negara asing.

Hal tersebut ia sampaikan saat ditanya seputar haji non kuota oleh personel Media Center Haji (MCH) di Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) Jeddah, Senin (21/08/2017).

"Jika masih ada jemaah haji yang memakai kuota negara lain dengan pasport visa ilegal, maka itu merupakan perbuatan melanggar regulasi kewarganegaraan. Kita tidak mengenal dan tidak boleh ada masyarakat yang memiliki dwi kewarganegaraan," ujar Lukman Hakim.

"Hal semacam ini serius, harus ada kerjasama intensif dengan penegak hekum untuk antisipasi kasus seperti tahun lalu (kasus haji illegal yang dikenal dengan haji Filipina)," imbuhnya.

Lukman Hakim juga menyampaikan tentang tanggung jawab pemerintah tergadap warga negara Indonesia di Arab Saudi yang berhaji tanpa melalu kuota resmi pemerintah.

"Tentu pemerintah bertanggung jawab atas keselamatam WNI. Kami perlu data jemaah non kuota yang mendapatkan visa dari Arab Saudi, untuk memonitor keberadaan mereka bila terjadi sesuatu," pungkasnya.

Sumber: website Kemenag.go.id

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco