Muslim Israel Dilarang ke Arab Saudi, Termasuk untuk Umroh dan Haji

Nov 8, 2018

Muslim Israel Dilarang ke Arab Saudi, Termasuk untuk Umroh dan Haji

Eletours – Umat Muslim Israel kini dilarang berziarah ke Arab Saudi termasuk untuk ibadah haji dan umroh.

Larangan ini dikeluarkan usai Saudi mengubah aturan terkait keimigrasiannya.

Soal itu, seperti dilansir Liputan6.com, ketua komite Haji dan Umroh Israel, Shalata mengatakan bahwa selama 40 tahun pengaturan itu ada.

Lalu, kata dia, pelaksanaannya berjalan tanpa hambatan, dan bahwa ada ribuan peziarah Muslim Israel melakukan perjalanan setiap tahun.

"Kami tidak memiliki penjelasan atas apa yang terjadi, jadi kami naik banding ke setiap jalan bantuan yang mungkin, tetapi kami sangat menyesal bahwa ziarah yang seharusnya berlangsung pada bulan Desember, di mana ribuan orang telah mendaftar, tidak akan terlaksana," kata Shalata.

Untuk diketahui, Israel dan Arab Saudi memang tidak memiliki hubungan diplomatik hingga saat ini.

Namun selama ini, umat Muslim Israel yang berjumlah 17 persen dari total populasi negara itu diizinkan masuk hanya untuk berziarah sejak tahun 1978.

Sesuai dengan keputusan Raja Hussein dari Yordania, warga Muslim Israel yang ingin melakukan ziarah ke Mekah dapat pergi lebih dulu ke Yordania, di mana mereka mengeluarkan paspor sementara Yordania yang memungkinkan mereka masuk dan meninggalkan Arab Saudi.

Lantas, menghadapi masalah ini, Kementerian Urusan Wakaf Islam Yordania dan Tempat-Tempat Suci mengatakan, pihaknya telah menangani masalah tersebut dengan mitra Arab Saudi tetapi belum ada solusi yang berhasil disepakati. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco