Arab Saudi Siapkan Layanan Digital untuk Haji dan Umroh

Oct 25, 2018

Arab Saudi Siapkan Layanan Digital untuk Haji dan Umroh

Eletours – Pemerintah Arab Saudi bakal menyediakan layanan digital untuk ibadah haji dan umroh.

Kebijakan soal layanan itu sudah ditandatangani oleh Arab Saudi dalam beberapa kesepakatan.

Seperti dilansir di Republika.co.id, Kamis (25/10), kesepakatan itu ditandatangani di sela-sela acara pertemuan Inisiatif Investasi Masa Depan di Riyadh, Arab Saudi baru-baru ini. 

Salah satu kesepakatannya terkait penggunaan teknologi multinasional Eropa berbasis di Jerman, SAP untuk mengembangkan teknologi media inovatif untuk mengubah operasi yang diperlukan guna menampung jutaan jamaah setiap tahunnya.

Kesepakatan bersama itu ditandatangani Menteri Haji dan Umrah Saudi Dr Mohammad Saleh bin Taher Benten dan Presiden EMEA South SAP Steve Tzikakis.

Selain itu, dalam acara berbeda, Benten juga menandatangani MoU dengan direktur pelaksana Cisco Arab Saudi Salan Faqeeh. Kesepakatan dilakukan untuk membantu meningkatkan infrastruktur dan layanan digital di kementerian.

Benten mengatakan, berdasarkan perjanjian tersebut, Kementerian Haji dan Umrah Saudi akan mengeksplorasi penggunaan platform digital berbasis cloud untuk menyatukan semua data jamaah.

“Dengan menggunakan teknologi yang bekerja sama dengan ratusan agen perjalanan di seluruh dunia itu, Kementerian akan dapat memperoleh pembaruan dan wawasan real-time (waktu nyata) ke dalam pengalaman perjalanan haji,” ujarnya.

Lantas, kata dia, teknologi itu akan memungkinkan meningkatkan layanan manajemen jamaah, transportasi dan logistik, serta menjamin kesehatan dan keselamatan jamaah.

"Transformasi digital Departemen Haji dan Umrah sejalan dengan visi kami untuk membuat perjalanan seorang jamaah mudah dan dapat terprediksi, dalam lingkungan yang damai dan tenang," kata Benten.

Sementara itu, Direktur Pelaksana SAP Arab Saudi Khaled Alsaleh mengatakan, pemindahan operasi manual ke operasi digital ini, bisa menghemat antara 25 dan 50 persen biaya.

Hal itu, menurutnya, berkat pengurangan biaya perangkat keras dan eksploitasi sinergi dengan layanan berbasis cloud yang ada.

"Kami senang memainkan peran penting dalam mendukung Kementerian Haji dan Umrah dalam menyediakan perjalanan yang damai, lebih menyenangkan dan aman," kata Alsaleh. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco