Bukan Hanya di Indonesia, Kasus Penipuan Jemaah Haji Di Inggris Meningkat

May 2, 2018

Bukan Hanya di Indonesia, Kasus Penipuan Jemaah Haji Di Inggris Meningkat

Eletours – Kasus penipuan Jemaah haji dan umroh belakangan ini ramai diperbincangkan masyarakat tanah air.

Hingga saat ini, sebanyak tiga biro perjalanan terlibat dalam kasus ini yakni First Travel, Abu Tours dan PT. Garuda Angkasa.

Kasus seperti ini rupanya tidak hanya terjadi di Indonesia. Seperti dilansir Ihram.co.id, penipuan terkait perjalanan haji dan umrah ini justru meningkat tajam hingga 143 persen selama 2017 di Inggris.

Jumlah ini adalah kasus yang dilaporkan ke polisi pada tahun 2017 dibandingkan pada angka tahun sebelumnya.

Menurut pusat pelaporan penipuan nasional kepolisian, Action Fraud, sebagian besar masalah yang tercatat berasal dari London, West Midlands dan Manchester. Total 17 insiden yang dilaporkan.

Laporan menunjukkan korban kehilangan sejumlah uang mulai 1.000 hingga 33 ribu poundsterling. Rata-rata kerugian yang dilaporkan korban tahun lalu adalah sekitar 5.869 poundsterling.

Menurut Action Fraud, total kerugian atas kejahatan itu diduga sebesar 988.743 poundsterling. Sementara rata-rata usia korban penipuan adalah 42 tahun.

Penegakan hukum dan komunitas Muslim yakin angka-angka ini hanya mewakili puncak gunung es. Menurut kepolisian, banyak korban tidak melaporkan kasus karena merasa malu atau takut.

Sementara itu, dilansir Travel Weekly, Selasa (1/5), Kepolisian Kota London akan bekerja dengan Standar Perdagangan Birmingham untuk melakukan kunjungan dan pemeriksaan pada agen perjalanan yang relevan selama beberapa bulan mendatang. Lebih banyak pekerjaan akan dilakukan untuk membantu mendidik petugas tentang cara membantu korban penipuan haji dan memastikan pelaporan yang benar.

Hingga saat ini, diperkirakan 25 ribu Muslim Inggris akan memesan perjalanan ke Makkah selama beberapa bulan mendatang untuk melakukan haji di musim gugur. Mereka menghabiskan sebanyak125 juta poundsterling untuk berziarah setiap tahun. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco