Ada Temuan Maladadministrasi Soal Abu Tours, Ini Kata Menteri Agama

Apr 17, 2018

Ada Temuan Maladadministrasi Soal Abu Tours, Ini Kata Menteri Agama

Eletours – Kasus penipuan Jemaah umroh oleh Abu Tours kini berimbas ke kementerian agama RI.

Ombudsman RI menemukan sejumlah maladministrasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama RI dalam kasus dugaan penipuan oleh PT Amanah Bersama Umat Tours ( Abu Tours).

Menanggapi hal itu, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifudin mengatakan temuan itu merupakan kesimpulan sepihak.

"Kami merasa bahwa Itu kesimpulan yang tentu sepihak, dalam pengertian hanya melihat dari satu angle perspektif saja, belum melihat secara komprehensif," kata Lukman di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Lukman menerangkan bahwa jemaah tersebut diberangkatkan bukan dengan Abu Tours, melainkan dengan mitra Abu Tours lainnya.

"Dengan kesediaan mereka menambah biaya, kami meminta mitra Abu Tours yang masih memiliki izin, untuk memberangkatkan mereka. Jadi bukan Abu Tours-nya yang memberangkatkan, karena dia izinnya sudah dicabut," ucap Lukman.

Lukman juga tegas membantah adanya maladadministrasi di tubuh Kemenag.

Sebelumnya, Ombudsman mengklaim kemenag melakukan penyalahgunaan wewenang, dengan tetap memberikan izin kepada Abu Tours untuk memberangkatkan calon jemaah. Padahal, izin usaha Abu Tours sudah dicabut. Bahkan, jemaah tersebut dibebankan biaya tambahan lainnya agar bisa diberangkatkan. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco