Hari Ini, DPRD Bengkulu Kunjungi Kemenag Bahas Persiapan Haji dan Umroh

Jan 10, 2018

Hari Ini, DPRD Bengkulu Kunjungi Kemenag Bahas Persiapan Haji dan Umroh

Eletours - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Bengkulu melakukan koordinasi dan kunjungan kerja ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag.

Seperti dilansir Menag.go.id, agenda ini akan membahas sejumlah permasalahan terkait penyelenggaraan haji dan umrah di Provinsi Bengkulu.

“Tujuan kami ke Kementerian Agama ini untuk konsultasi dan koordinasi tentang kuota haji Bengkulu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Bengkulu Muharamin saat audiensi, Rabu (10/1).

Menurut Muharamin, saat ini daftar tunggu keberangkatan di Bengkulu sudah mencapai 15 ribu dan sebagian besar adalah calon Jemaah lanjut usia (Lansia).

“Daftar antrian sudah mencapai 15 ribu calon jemaah karena yang daftar hampir diatas 50 tahun,” ujarnya.

Tahun lalu, kata dia, calon haji Bengkulu difasilitasi pelayanannya dengan menggunakan anggaran APBD, seperti angkutan bus dari Bengkulu ke Sumatera Barat, tempat embarkasinya.

 “Sekarang tidak kami bantu lagi karena Kanwil sudah tidak koordinasi lagi dengan kami (DPRD),” kata Muharamin.

Sementara itu, Kasubdit Pendaftaran Haji Kemenag Noer Alya Fitra mengatakan pembagian kuota setiap Provinsi sudah sesuai dengan regulasi dan intruksi dari Menteri Agama dan pembagian kuota tersebut berdasarkan dari sensus penduduk dari Badan Pusat Statistik.

“Kami sudah paparkan di hadapan Pak Menteri dan Pak Menteri sudah menyetujui karena sesuai dengan regulasi,” jelas Fitra.

Untuk pembagian kuota tersebut, kata Fitra, juga sudah menggunakan rumus yakni prosentase jumlah penduduk muslim provinsi dibagi jumlah penduduk muslim Indonesia dikalikan dengan jumlah kuota nasional.

“Kami akan memberikan kuota apabila ada penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi,” tutup Fitra. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco