Wajib Dibaca! Ini 7 Tempat yang Punya Arti Penting di Yerusalem

Dec 19, 2017

Wajib Dibaca! Ini 7 Tempat yang Punya Arti Penting di Yerusalem

Eletours – Kota Yerusalem belakangan ini sontak menjadi pembicaraan dunia usai presiden Amerika, Donald Trump mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pengakuan itu disusul oleh berbagai kecaman dari banyak kalangan khususnya oleh sejumlah Negara yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Di balik polemik ini, Yerusalem sendiri kerap disebut sebagai kota Suci atau Holy Land. Di dalamnya ada sejumlah nilai sejarah penting yang berhubungan dengan 3 agama di dunia seperti, Kristen, Islam dan Yahudi. Berikut ulasannya.

Kota Tua Yerusalem

Kota Tua Yerusalem sering bergema di hati orang islam, kristen dan juga yahudi. Meskipun berbagai macam konflik dan perselisihan membahas kota ini sesuai dengan agama mereka, namun agama islam, kristen dan yahudi sama sama menghormati kota suci ini. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, di kota suci ini dibagai menjadi tiga bagian di mana ada bagian wilayah untuk orang kristen, ada pembagian wilayah bagi orang yahudi, dan juga pembagian wilayah bagi orang yang islam. Kota tersebut dikelilingi oleh tembok batu dan setiap wilayah masing masing agama juga dibatasi.

Masjid Al-Aqsa

Masjid yang satu ini merupakan salah satu tempat suci bagi umat muslim. Di sini Nabi Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha setelah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Mekah. Inilah rangkaian peristiwa penting bagi umat muslim yang disebut dengan isra miraj. Masjid ini merupakan masjid yang bersejarah bagi umat islam. Letak masjid ini berada di kompleks bangunan lama Kota Lama Yerussalem.

Gereja St Anna

Gereja St. Anna merupakan gereja peninggalan masa perang salib yang tergolong bangunan paling utuh. Letak gereja St Ana itu berada di samping kanan gerbang Singa atau St Stefanus. Gereja ini diperuntukkan bagi Anna dan Joachim, yang menurut tradisinya tinggal di tempat ini. Gereja tersebut juga merupakan tempat di mana Virgin Marry (putri dari Anna) lahir.

Dome of the Rock

Dome of the rock bentuknya bukanlah masjid, melainkan batu yang menjadi saksi bahwa Nabi Muhammad pernah melakukan perjalanan Isra’ dan mi’raj. Ada fakta menarik tentang Dome of the rock yaitu Dome of The Rock ini dibina sesuai dengan agama Islam, keberadaan batu tersebut juga berhubungan dengan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Gunung Sion

Gunung ini berada di bagian barat Kota Tua. Cerita mengatakan bahwa Gunung Sion ini berhubungan dengan alkitab orang Israel. Banyak yang bilang kalau Bukit Sion adalah bukit yang suci. Kini bukit tersebut banyak digunakan untuk mempelajari alkitab. Orang Kristen atau Yahudi sering mendaki bukit tersebut, setelah sampai ke puncak bukit mereka membaca alkitab dan mempelajarinya secara bersama sama.

Tembok Ratapan

Tembok ini dijadikan sebagai tembok paling suci oleh orang Yahudi. Di tembok ini kaum Yahudi banyak yang menghadap ke tembok kemudian berdoa. Hal tiu sudah terjadi sejak jaman dahulu, sejak bait Allah dihancurkan pada abad ke 70 bangsa Roma. Tembok ratapan ini dekat dengan western wall tunnel. Jika ingin melanjutkan perjalanan, peziarah bisa melanjutkan perjalannya menuju ke Western Wall Tunnel.

Hezekiah’s Tunnels

Hezekiah’s Tunnels merupakan terowongan yang membentuk saluran air yang penggaliannya dilakukan tepat di bagian bawah Kota Daud yang ada di Yerusalem pada masa lalu. Terowongan Hizkia ini populer dikarenakan memiliki hubungan dengan tarikh pemerintahan Hizkia yaitu Raja Yehuda yang hidup pada akhir abad-8 sampai dengan awal abad-7 SM. Terowongan itu digunakan sebagai pelindung air dan dilirkan menuju ke dalam kota. Hal itu dikarenakan ketika kota Yerussalem membela diri dari tentara Asyur, sumber air menjadi sangat terbatas. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco