Jawa Tengah Mulai Gelar Persiapan Operasional Haji 2018

Dec 12, 2017

Jawa Tengah Mulai Gelar Persiapan Operasional Haji 2018

Eletours - Persiapan operasional haji 2018 mulai tampak dari tingkat pusat hingga daerah. Salah satunya adalah Jawa Tengah.

Sejak Senin (11/12/2017) kemarin Jateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Dokumen Haji. Kegiatan yang berakhir hari ini (12/12/2017), diikuti oleh para operator Siskohat dari semua Kemenag Kab/kota di Jawa Tengah.

Seperti dilansir Kemenag.go.id Kepala Sub Direktorat Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler M. Noer Alya Fitra (Nafit) mengatakan, pihaknya sudah siap melakukan penyederhanaan proses pendaftaran haji.

 “Saat ini pendaftaran haji sudah dilaksanakan dalam dua tahap yang sebelumnya empat tahap. Calon jemaah haji melakukan setoran awal di bank kemudian mendapatkan nomor validasi. Selanjutnya dating ke Kankemenag untuk mendapatkan nomor porsi. Prosesnya (pendaftaran haji) sekarang lebih praktis, ringkas, dan jemaah tidak perlu bolak balik dari bank ke Kankemenag,” ungkap Nafit di hotel Wujil Semarang, Selasa (13/12/2017).

“Inovasi-inovasi terus dilakukan pemerintah. Ke depannya pelayanan pendaftaran haji akan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satunya memungkinkan pendaftaran haji melalui SMS banking, internet banking, dan ATM,” sambungnya.

Nafit juga mewacakan adanya pelayanan haji yang dapat disinergikan dengan data kependudukan milik Kementerian Dalam Negeri. Bahkan saat ini, kata dia, telah mulai disusun pengkloteran secara online, penajaman tugas dan fungsi Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), dan penyusunan kebijakan penggantian jemaah lunas.

Narsumber lain Nurhanuddin, yang juga merupakan salah satu pejabat di Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah menyatakan dukungan Siskohat dalam peningkatan pelayanan haji.

“Kami terus memutakhirkan pemanfaatan teknologi informasi dan komputerisasi yang terpadu dalam melayani jemaah haji. Mulai dari pelayanan pendaftaran haji, operasional haji di Arab Saudi, dan kepulangan ke Tanah Air,” ujar Nurhanuddin Kepala Seksi Pengembangan Database Haji pada Subdit Data dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU. (brvs/Kemenag.go.id)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco