Ini Arti Penting Yerusalem bagi Muslim, Kristen dan Yahudi

Dec 8, 2017

Ini Arti Penting Yerusalem bagi Muslim, Kristen dan Yahudi

EletoursDunia belakangan ini heboh dengan sebuah pernyataan dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang mengakui secara sepihak bahwa Yerusalem menjadi ibukota Negara Israel.

Pengakuan ini kemudian disusul dengan rencana Trump untuk memindahkan kantor kedutaan besar AS untuk Israel ke Yerusalem.

Hal ini kemudian menjadi polemik. Penolakan paling besar muncul dari umat Muslim lantaran salah satu tempat suci mereka, Masjid Al Aqsa berada di daerah itu.

Sementara itu, Yerusalem juga memiliki arti penting bagi Israel dan umat Kristen. Berikut ulasannya,

Gereja bagi Umat Kristen

Di dalam Kawasan Kristen terdapat Gereja Makam Kudus, sebuah tempat ziarah penting para penganut orang Kristen di seluruh dunia. Tempat itu terletak di sebuah lokasi yang sangat penting dalam kisah Yesus tentang kematian-Nya, penyaliban-Nya dan kebangkitan-Nya.

Dalam kepercayaan tradisi Kristen pada umumnya, Yesus disalibkan di bukit Golgota, atau bukit Kalvari, dan makamnya terletak di dalam bangunan pekuburan yang juga diyakini sebagai tempat kebangkitannya.

Gereja Makam Kudus dikelola bersama oleh perwakilan aliran Kristen yang berbeda, terutama Patriarkat Ortodoks Yunani, kaum biarawan Fransiskan dari Gereja Katolik Roma dan Patriarkat Armenia, serta kalangan kristen Ortodoks Etiopia, Koptik dan Suriah.

Tempat ini adalah salah satu tujuan ziarah utama bagi ratusan juta orang Kristen di seluruh dunia, yang mengunjungi makam kosong Yesus dan mencari penebusan dalam doa di lokasi tersebut.

Masjid bagi Umat Muslim

Kawasan Muslim adalah yang terbesar dari keempat kawasan di sana dan berisi tempat suci Kubah Batu (Kubah As-Shakrah, atau Dome of the Rock) dan Masjid al-Aqsa di dataran tinggi yang dikenal oleh umat Islam sebagai Haram Al Sharif.

Masjid tersebut merupakan tempat tersuci ketiga dalam Islam yang dikelola oleh sebuah lembaga wakaf.

Umat Islam meyakini Nabi Muhammad SAW datang ke Masjidil Aqsa ini dari Mekkah dalam perjalanan malam Isra Miraj, dan berdoa bersama roh dari para nabi.

Beberapa langkah dari masjid, terdapat Kubah As-Shakrah yang berisi batu fondasi, yang diyakini umat Islam sebagai tempat bertolak Muhammad menuju surga dalam peristiwa Isra Miraj.

Dinding bagi Umat Yahudi

Di Kawasan Yahudi terdapat Kotel, Dinding Ratapan, atau Tembok Barat, sisa dari dinding penahan gunung tempat berdirinya Bait Suci zaman dulu.

Di dalam tempat suci itu terdapat Ruang Maha Kudus, situs paling suci dalam agama Yahudi.

Umat Yahudi percaya itu sebagai tempat batu fondasi penciptaan dunia, dan tempat Abraham, atau Nabi Ibrahim, siap mengorbankan anaknya Ishak, atau Ismail.

Banyak orang Yahudi yang percaya Dome of the Rock adalah tempat Ruang Maha Kudus itu. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco