Arab Saudi Larang Jemaah Berfoto di Dua Masjid Ini

Nov 23, 2017

Arab Saudi Larang Jemaah Berfoto di Dua Masjid Ini

Eletours - Kementerian Urusan Haji dan Umrah Arab Saudi baru saja mengeluarkan instruksi larangan seluruh jemaah ibadah untuk berfoto di dalam dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Hal itu disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi lewat sebuah nota diplomatik yang dikirim kepada seluruh penanggung jawab urusan haji seluruh negara di dunia pada 12 November 2017.

Menurut laporan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh selaku perwakilan Indonesia, sudah menerima nota diplomatik tersebut sekitar 15 November lalu.

"Instruksi berisi larangan pengambilan gambar di dalam dua masjid suci dan serambinya dengan menggunakan segala jenis, bentuk, dan sarana apapun," papar instruksi dari Kementerian Urusan Haji dan Umrah Saudi yang terkandung dalam nota diplomatik yang dikirim oleh Kemlu Saudi kepada seluruh negara penyelenggara haji.

Larangan tersebut juga terkait foto sambil melambaikan bendara masing-masing Negara.

"Bahwa apa yang mereka lakukan melanggar peraturan dan instruksi (di dua masjid suci) ... memancing perasaan dan mengganggu orang-orang yang ada di dalam dua masjid suci," kata instruksi tersebut.

"Maka Kementerian Haji dan Umrah (Saudi) mengimbau agar (negara penyelenggara haji dan umrah) dapat memberikan penyuluhan ... agar tidak melakukan perbuatan seperti itu dan menegaskan pentingnya merespons istruksi yang melarang pengambilan gambar di dalam dua masjid suci dengan kamera biasa, kamera televisi, kamera video, atau lainnya, dalam rangka mematuhi peraturan, menghargi perasaan orang lain, dan tidak bersenda gurau ketika melaksanakan ibadah," lanjut instruksi itu.

Lebih lanjut, instruksi tersebut menegaskan bakal menyita film atau file para Jemaah jika masih melanggar. (brvs)

Copyright © 2017. ELE Tours Middle East. Web Developer by: Leveloco